Layer Presentation, Layer Session, dan Layer Transport pada Model OSI

Assalamualaikum Wr Wb

Mohon maaf sebelumnya karna dipostingan saya sebelumnya, saya hanya menjelaskan tentang Layer Application pada Model OSI, ya berhubung karena adanya kesibukan didunia nyata jadinya saya baru bisa membuat artikel lagi. Masih seperti biasa karena ini merupakan materi yang cukup banyak jadi saya akan memangkas/ mencicil materi tentang Macam macam layer pada model osi. Oke langsung saja disimak kelanjutannya😊


2. Layer Presentation
             Fungsi dari layer ini sesuai dengan namanya, menyajikan data ke layer application, dan bertanggung jawab pada penerjemah data dan format kode (program). Layer ini pada dasarnya adalah penerjemah  dan melakukan fungsi pengkodean dan konversi. Teknik transfer data yang berhasil adalah dengan mengadaptasi data tersebut ke dalam format yang standar sebelum dikirimkan. OSI memiliki standar protokol yabg mendefinisikan bagaimana format data yang standar. Tugas tugas seperti kompresi, dekompresi, enkripsi, dan deskripsi data, berhubungan dengan layer ini.
             Beberapa standar layer presentation juga mencakup operasi multimedia. Standar standar berikut digunakan untuk mengatur presentasi grafis dan visual image.
A. PICT
    Sebuah format gambar yang digunakan program Macintosh untuk melakukan transfer grafik QuickDraw.
B. TIFF
     Tagged Image File Format, sebuah format grafis standar untuk image bitmap resolusi tinggi.
C. JPEG
     Standar foto yang dibuat oleh Joint Photographic Experts Group. Standar lain mengatur film dan suara.
D. Midi
     Musical Instrument  Digital Interface, digunakan untuk membuat musik digital.
E. MPEG
     Standar Motion Picture Experts Group yang semakin populer untuk kompresi dan coding video bergerak untuk CD. Ia menyediakan penyimpanan digital dan kecepatan bit sampai 1,5 Mbps.
F. Quicktime
     Digunakan oleh program Macintosh; mengelola aplikasi-aplikasi audio dan video.
G. RTF
     Rich Text Format, sebuah file format yang memungkinkan kita melakukan pertukaran file text antarprogram pengolah kata yang berbeda, bahkan antarsistem operasi yang berbeda.




3. Layer Session
              Layer session bertanggung jawab untuk membentuk, mengelola, dan kemudian memutuskan session-session antar layer-layer presentation. Layer session juga menyediakan kontrol dialog antar peralatan atau titik jaringan(node).
             Layer session pada dasarnya menjaga terpisahnya data dari aplikasi yang satu  dengan data dari aplikasi yang lain, berikut beberapa contoh protokol dan interface layer session.
A. Network File System (NFS) dibuat oleh Sun Microsystem dan digunakan dengan TCP/IP dan  workstation UNIX untuk akses yang transparan ke sumbet daya remote.
B. Structured Query Language (SQL) dibuat oleh IBM yang menyediakan kepada pengguna sebuah cara yang lebih mudah untuk mendefinisikan kebutuhab informasinya pada sistem lokal dan remote.
C. Remote Procedure Call (RPC) sebuah utility atau tool untuk client-sever yang digunakan untuk lingkungan layanan yang berbeda beda. Prosedur nya dibuat disisi client dan dijalankan disisi server.
D. X Windows digunakan secara lugs oleh terminal terminal pintar untuk berkomunikasi dengan komputer UNIX yang remote, memungkinkan mereka bekerja seakan akan mereka adalah monitor yang terpasang lokal dikomputer tersebut.
E. AppleTalk Session Protocol (ASP) mekanisme client atau server yang lain, yang membuat dan menjaga session antarclient dan server AppleTalk.
F. Digital Network Architecture Session Control Protocol (DNA SCP) sebuah protokol layer session dari DECnet.




4. Layer Transport
                Layer transport melakukan segmentasi dan menyatukan kembali data yang tersegmentasi tali menjadi sebuah arus data. Layanan layanan yang terdapat dilayer transport melakukan baik segmentasi maupun penyatuan kembali data yang tersegmentasi tersebut (reassembling), dari aplikasi aplikasi upper-layer dan menggabungkannya ke dalam arus data yang sama. Layanan - layanan ini menyediakan transportasi data dari ujung ke ujung, dan dapat membuat sebuah koneksi logical antara host pengirim dan host tujuan pada sebuah internetwork.
                 TCP dan UDP keduanya bekerja pada di layer transport, dimana TCP adalah layanan yang dapat diandalkan (reliable), sedangkan UDP tidak. Ini berarti pembuat aplikasi memiliki lebih banyak pilihan, karena mereka bisa memilih antara kedus protokol tersebut ketika bekerja dengan protokol-protokol TCP/IP.


Demikian pembahasan kali ini tentang layer pada model osi, eits tapi masih ada kelanjutannya lagi tentang Layer Network, Layer Data Link, dan Layer Physical dipembahasan selanjutnya, See you dan terima kasih atas kunjungannya. Selamat Beraktifitas dan Semoga Bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Novel tentang Sebuah Penantian

Layer Network, Layer Data Link, dan Layer Physical pada Model OSI