Layer Application pada Model Osi

Assalamualaikum Wr Wb
Berjumpa lagi dengan saya hehe ,berhubung di grup whatsapp saya lagi rame ramenya membahas tentang 7 layer pada model OSI jadi kali ini saya akan membahas satu persatu layer yang ada pada model OSI, tapi sebelumnya saya mohon maaf untuk artikel kali ini saya hanya akan membahas Layer Application, dikarenakan keterbatasan waktu didunia nyata😂tapi dilain waktu saya akan membuat artikel tentang layer layer yanglainnya,  Oke langsung saja cekidott :


  • Layer Application
Layer Application pada model OSI merupakan tempat dimana user atau pengguna berinteraksi dengan komputer. Layer ini sebenarnya hanya berperan ketika dibutuhkan akses ke network. Sebagai contoh Internet Explorer. Anda bisa membuang semua komponen networking dari sistem seperti TCP/IP, NIC (Network Interface Card), dan sebagainya.

Layer Application bertindak sebagai interface antar program aplikasi sebenarnya, dimana program aplikasi itu sendiri tidak termasuk ke dalam struktur layer, dengan layer berikut dibawahnya. Ini dilakukan dengan menyediakan beberapa cara bagi aplikasi tersebut untuk mengirimkan informasi ke layer bawah melalui susunan protokol tersebut.

Selain itu layer application juga bertanggung jawab untuk mengidentifikasikan dan memastikan keberadaan partner komunikasi yang dituju serta menentukan apakah sumber daya komunikasi yang dituju cukup tersedia. Tugas ini sangat lah penting karena komunikasi komputer terkadang membutuhkan lebih dari sumber daya sebuab PC(Personal Computer).

Seringkali layer application menggabungkan komponen komunikasi yang berasal dari beberapa applikasi network. Sebagai contoh yang sering digunakan adalah file transfer dan email seperti halnya juga remote access, aktifitas manajemen network, proses client atau server dan information location. Banyak aplikasi network menyediakan layanan komunikasi melalui network segala besar, akan tetapi untuk saat ini dan internetworking dimasa mendatang, kebutuhannya telah berkembang begitu pesat dan akan segera mencapai titik akhir dari kemampuan network sekarang. Saat ini pertukaran transaksi dan informasi diantara perusahaan sudah berkembang dan membutuhkan layanan aplikasi internetworking sebagai berikut : 

  1. World Wide Web (WWW)
Menghubungkan server - server dalam jumlah begitu banyak, hampir tidak terhitung dengan format data yang berbeda beda. Kebanyakan adalah multimedia dan bisa mencakup gambar, teks, video, dan suara. Bask IE maupun Nerscape Navigator bisa digunakan untuk mengakses dan melihat website.

      2.  E-mail Gateway

Layanan serbaguna ini bisa menggunakan SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) atau standar X.400 untuk mengirim pesan antaraplikasi email yang berbeda.

      3.  Electonic Data Interchange (EDI)

Gabungan dari standar - standar dan proses - proses khusus yang menyediakan aliran data atau accounting, pengiriman atau penerimaan, serta pelacakan order atau inventori antar perusahaan.

      4.  Special interest bulletin board

Mencakup banyak tempat chat di internet dimana orang bisa bertemu dan berkomunikasi dan mengirimkan pesan atau mengadakan percakapan secarainteraktif. Juga dipakai untuk sharing perangkat lunak public domain.

       5.  Utility Navigasi Internet

Mencakup aplikasi - aplikasi seperti Gopher dan WAIS serta aplikasi mesin pencari(search engine) seperti Googledan Yahoo! Yang membantu pengguna pencari informasi yang mereka butuhkan di Internet.

       6.   Layanan Transaksi Finasial

Menargetkan komunitas finansial. Layanan ini mengumpulkan dan menjual informasi - informasi yang berkenaan dengan masalah investasi, market trading, komoditas, nilai tukar mata uang, dan data perkreditan kepada pelanggannya.

Seperti itulah sedikit tentang Layer Application pada Model OSI, jika ada yang ingin menambahkan, silahkan tulis dikolom komentar, semoga bermanfaat😊

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Novel tentang Sebuah Penantian

Layer Presentation, Layer Session, dan Layer Transport pada Model OSI

Layer Network, Layer Data Link, dan Layer Physical pada Model OSI